Tips Merawat Boxing Glove atau Sarung Tinju

Kemungkinan besar kamu sudah memiliki boxing glove ketika kamu membaca ini.

Sebagus-bagus nya boxing glove, semahal-mahal nya boxing glove, mesti dirawat ya supaya awet. Disini kami akan share bagaimana merawat boxing glove atau sarung tinju. Tentunya dengan cara kami yaa.

Simple kok cara nya.

Sebenernya inti nya hanya satu sih, yaitu KERING.

Setelah selesai latihan biasa nya boxing glove akan menjadi basah kena keringat. Bisa kena keringat kamu atau keringat teman mu (ketika sparring).

Mengeringkan bagian Luar

Untuk mengeringkan bagian luar nya mudah sekali, hanya perlu di lap saja kok. Gunakan kain lap kering, kemudian lap sampai kering. Lakukan setiap kali selesai berlatih. Bila terlalu lama kena basah bisa memperpendek umur kulit nya. Kulitnya bisa jadi gampang sobek, lebih cepat terkelupas, dll.

Mengeringkan bagian dalam

Untuk mengeringkan bagian dalam nya diangin-anginkan saja. Cara paling cepat adalah dengan cara menjemur nya. Namun, menjemur boxing glove tidak kami sarankan , karena sinar matahari yang terlalu panas bisa membuat kulit boxing glove nya menjadi kering dan cepat rusak.

Cara menyimpan

Setelah kering (pastikan kering yaa) simpan di tempat yang kering juga, jangan simpan di tempat yang lembab. Keadaan lembab akan membuat boxing glove kamu berjamur.

Ketika penyimpanan kamu bisa memasukan koran bekas (yang sudah di remas) ke dalam boxing glove agar tetap kering. Kamu juga bisa mengganti koran bekas dengan silica gel atau kapur barus. Tapi kami tetap menyarankan menggunakan kertas koran saja, (minim bahan kimia).

Bau?

Cepat atau lambat boxing glove kamu akan di hampiri bau tidak sedap. Tidak pandang bulu, mau boxing glove mahal atau murah, bau itu pasti akan datang. Yang membedakan adalah, kapan datang nya?

Ada yang baru sebulan pakai sudah bau. Ada juga pemakaian 3 bulan baru bau. Ada juga yang 1 tahun baru bau.
Bau nya juga ada yang pekat, ada yang tidak pekat.

Itu semua tergantung dari kamu. Ya, kamu. Bagaimana kamu merawat nya dan menyimpan nya.
Pastikan boxing glove kamu tetap kering setelah pemakaian, dan tetap kering ketika di simpan.

Terus kalo Boxing glove nya uda bau, gimana dong?

Tenang dulu ya…

Kamu bisa menyemprotkan bagian dalam boxing glove kamu dengan semprotan anti microbial. Ga usah bingung cari nya dimana, kamu bisa beli di toko kami (Klik Disini). Pastikan bagian dalam boxing glove nya kering dulu sebelum disemprot.

Bisa juga memasukan serbuk kopi ke dalam boxing glove nya. Masukan serbuk kopi ke dalam kantong kecil, kemudian masukan kantong kecil tersebut ke dalam boxing glove. Keluarkan kantong nya ketika boxing glove nya mau dipakai. Hati-hati tumpah di dalam boxing glove nya yaa.

Cara-cara tersebut memberikan hasil yang berbeda-beda. Untuk yang bau nya sudah pekat sekali, mungkin tidak bisa hilang 100%, tapi bisa mengurangi. Tapi lumayan lah yaa..

Tips 1
Gunakan handwrap ketika berlatih memakai boxing gloves. Selain lebih aman melindungi tangan mu, handwrap juga dapat menyerap keringat. Hal ini akan mengurangi tingkat kebasahan bagian dalam boxing glove kamu.

Baca Juga: Kenali Jenis-jenis Handwrap

Tips 2
Kalo kamu sudah pernah memakai boxing glove yang disediakan oleh training camp, kamu pasti tau seperti apa bau nya. Hal itu dikarenakan boxing glove nya dipakai oleh banyak orang. Di dalam nya sudah bercampur banyak keringat dan bakteri. Belum tentu juga dirawat boxing glove nya. Bila ingin meminjamkan boxing glove mu, pastikan orang tersebut mengenakan handwrap agar tidak terlalu basah.

Jadi, pastikan hanya kamu yang memakai boxing glove kamu supaya tetap terawat dan higienis.

Lebih nyaman pakai boxing glove yang bersih dan terawat. Latihan pun akan lebih semangat.

Selamat Mencoba.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *